Home » , » 10 Buah dengan Vitamin C Tinggi

10 Buah dengan Vitamin C Tinggi

Written By Unknown on Tuesday 2 July 2013 | 03:13

10 Buah dengan Vitamin C Tinggi


Vitamin C adalah salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh. Vitamin C adalah salah satu vitamin yang larut dalam air. Vitamin C dapat kita temui dalam buah-buahan atau sayuran. Berikut ini sepuluh buah yang mengandung vitamin C terbanyak per 100 gram.
1.       Jambu Monyet
Jambu monyet sudah sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu bagian buahnya menjadi camilan yang enak yang biasa kita sebut kacang mete. Jambu monyet kurang disukai oleh penikmat buah karena rasanya agak sepat dan masam. Padahal, penelitian terbaru dari European Food Research, membuktikan kandungan vitamin C jambu monyet 4 kali lipat jika dibandingkan dengan buah jeruk yang selama ini dianggap sebagai bank vitamin C. Jambu monyet  memiliki kandungan vitamin C mencapai 265 mg per 100 gram.


2.       Jambu Biji
Di pinggir jalan atau di pasar tradisional sering kita jumpai penjual jambu biji. Jambu biji ada dua macam yang daging bijinya merah maupun yang daging bijinya putih. Sebagai sumber vitamin C, jambu biji memang kalah popular dibandingkan dengan jeruk. Padahal , kenyataannya kandungan vitamin C jambu biji jauh lebih tinggi daripada jeruk. Dalam setiap 100 g jambu biji mengandung sekitar 228 mg vitamin C, sedangkan jeruk hanya mengandung 50 mg vitamin C.


3.       Kiwi
Buah kiwi mungkin tidak sepopuler jambu atau jeruk. Kiwi merupakan buah yang berasal dari China. Umumnya ada dua jenis kiwi yang dijual disini, yang berwarna kuning dan hijau. Golden kiwifruit atau kiwi yang berwana kuning bernutrisi lebih tinggi daripada yang hijau. 100 gr kiwi mengandung 93 mg vitamin C atau hampir sekitar 2 kali lipat dibandingkan jeruk




4.       Kelengkeng
Buah berbentuk bulat, kecil dan berwarna coklat ini dikenal mempunyai rasa yang manis. Kandungan vitamin C pada kelengkeng sekitar 93 miligram per 100 gram kelengkeng. Kadar vitamin C pada kelengkeng membuat buah ini termasuk buah yang kaya akan vitamin C. Buah ini berkhasiat untuk obat insomnia. Buah lengkeng mempunyai rasa yang nikmat sehingga biasanya mempunyai efek ketagihan.




5.       Leci
Ketika kita berbelanja ke supermarket pasti kita pernah melihat buah leci. Buah Leci juga salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C sekitar 1,5 kali lipat dari jeruk. Kandungan vitamin C pada buah Leci sekitar 71 miligram per 100 gram.








6.       Kesemek
Buah kesemek disebut juga buah genit yang di negara cina disebut shi, dalam soal khasiat buat kesemek bisa dibilang setara dari buah apel tetapi lebih unggul dalam beberapa kandungan vitamin. Salah satu kandungan vitaminnya adalah vitamin C. Kandungan vitamin C dalam kesemek mencapai 66mg per 100 gram.






7.       Pepaya
Buah pepaya merupakan salah satu buah yang populer di kalangan masyarakat. Buah ini ada mulai dari desa sampai perkotaan. Pohonnya sering kita lihat di pinggir jalan. Kandungan vitamin C pada pepaya tergolong cukup tinggi. Kandungan vitamin C pada buah pepaya hampir dua kali lebih banyak daripada buah jeruk yaitu mencapai 62 miligram per 100 gramnya.




8.       Pomelo (Jeruk Bali)
Jeruk Bali kaya akan kandungan vitamin, mineral, flavonoid, pektin, dan likopen. Vitamin yang terkandung dalam jeruk bali yaitu vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C sedangkan mineral yang terdapat dalam buah ini yaitu kalsium, fosfor, dan zat besi. Kandungan vitamin C jeruk bali mencapai 61 miligram per 100 gram.





9.       Stroberi
Buah stroberi adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Dalam tubuh kita, vitamin C sangant dibutuhkan untuk menangkal radikal bebas dan menambah kekebalan tubuh.Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah stroberi lebih banyak dibandingkan 1 buah jeruk orange. Buah stroberi mengandung 59 miligram vitamin C per 100 gram.







10.   Nenas
Buah nanas merupakan buah yang cukup populer di masyarakat. Buah nanas dapat diolah menjadi produk makanan lain seperti selai atau sirup. Buah nanas mempunyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi bahkan melebihi kandungan vitamin C jeruk. Kandungan vitamin C pada buah nanas mencapai 56 miligram per 100 gram.




Share this article :

About

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. serba sepuluh - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger